obrolan ringan / Opini

4 Kuadran Prioritas


Sebenarnya saya sedang tidak mood untuk menulis blog dan harus segera melihat referensi utk tugas besok, dan lebih tepatnya saya sangat butuh istirahat. Berhubung hanya tidur beberapa jam saja lalu harus duduk terpaku di dalam ‘ruangan itu’ selama hampir 6 jam dengan AC menyorot langsung ke arah saya.

Posisi saya saat ini sedang di ruang referensi lt.3, di sebuah meja bulat tepatnya. Katalog online sudah berfungsi dan saya harus mengerjakan tugas, tapi otak sdh tidak mampu lagi, habis terkuras 6 jam ditambah ngantuk dan capek. Jadi, ini apa yg ingin saya sampaikan sebelum saya tertidur pulas di meja ini….

oke, ada satu teori menarik yang saya dapatkan hampir di setiap sesi pembekalan kepemimpinan yaitu mengenai ‘kuadran prioritas’ (saya menyebutnya begitu). Intinya adalah bagaimana melakukan manajemen waktu dengan lebih baik dengan memisahkan hal-hal yang akan anda lakukan ke dalam empat buah kategori seperti gambar di bawah ini:

Kuadran I: Penting dan Mendesak

Letakkan segala sesuatu yang anda anggap penting dan harus segera dilakukan pada kuadran ini. Ingat bahwa kuadran ini hanya boleh berisi hal-hal yang benar-benar penting dengan tingkat urgensi yang tinggi (halah..), misalnya makan setiap hari, pergi ke dokter saat sakit, belajar utk ujian besok, dll.

Kuadran II: Tidak Penting tapi Mendesak

Kuadran ini berisi hal-hal yang menurut anda tidak penting tetapi harus segera dikerjakan saat itu juga. Misalnya nongkrong di cafe, anda diundang ke pesta perayaan ulang tahun kucing tetangga anda yang pertama, atau harus menemani teman cewek anda beli  baju di mall sebelum diskonnya ditutup malam ini. Anda dapat memilih untuk melakukan hal-hal di kuadran ini jika memang memiliki waktu luang. Silakan disesuaikan.

Kuadran III: Penting tapi Tidak Mendesak

Bagian ini berisi hal-hal yang penting untuk diselesaikan, namun dapat anda ‘cicil’ secara bertahap. Yang harus diwaspadai dari kuadran ini adalah budaya menunda-nunda, karena suatu saat bisa saja prioritas dari kuadran III berpindah ke kuadran I. Contohnya: investasi/cicilan rumah, mengembangkan produk perusahaan yang baru, laporan akhir bulan, mendalami penelitian/skripsi/tesis, dan tugas-tugas yang masih memiliki rentang waktu lama. Untuk kuadran ini berlaku istilah ‘lebih cepat lebih baik‘.

Kuadran IV: Tidak Penting dan Tidak Mendesak

Nah, ini bagian yang cenderung ditukar kebanyakan orang dengan Kuadran I. Contohnya sangat mudah: main FB / Twitter saat kelas berlangsung, ngumpul2 untuk bergosip, maen game online sampe pagi, dll.

Ada satu ungkapan: Bagi orang Barat, waktu adalah uang. bagi orang Arab, waktu adalah pedang. Gunakan waktu yang kita punya dengan sebaik2nya.

Finally, artikel ini dibuat berdasarkan pemahaman saya pribadi. Yah, saya pun masih harus banyak belajar menentukan prioritas :)

Btw, post ini masuk kuadran berapa? kayaknya sih kuadran IV :D

Semoga berguna.

Sleep.

Satu gagasan untuk “4 Kuadran Prioritas

Tinggalkan Balasan

