Money is Everything? Read This!


This is my first post!

Money is everything? Read This….

Pagi ini bangun dengan kurang bersemangat. Maklum, ini khan hari pertama masuk kuliah lagi. But, sebelumnya aku nonton TV dulu. Buka channel no. 10, kebetulan ada Oprah Winfrey.

Episode kali ini menceritakan tentang beberapa orang yang ‘kaya mendadak’. Beberapa orang diwawancarai tentang bagaimana rasanya mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Aku tidak ingat nama-namanya,tapi kira-kira begini kisah dua orang diantaranya:

Pada suatu hari di Amrik(bukan dongeng), seorang wanita pas-pasan yang dengan uang seadanya pergi membeli susu. Dengan uang recehan 10 dollar yang baru dia ambil dari tabungan. Ketika sampai di toko, tiba-tiba ia berubah pikiran dan membeli lotre. Lotre tersebut menjanjikan hadiah sebesar 12 juta dollar AS. Sepulangnya dari toko, ia menelepon untuk menanyakan nomor lotre yang beruntung hari itu. Satu persatu digit nomornya pas dengan yang diucapkan di telepon. Ia terkejut! Malamnya ia tidak bisa tidur. Ia menang lotre senilai 15 juta dollar AS dan akan dicicil selama 12 tahun! Rupiahnya kira-kira 15 juta x 9.000 = Rp. 135.000.000.000,- Pada saat itu ia kira hidupnya akan berubah. Ia berhenti bekerja,lalu menghabiskan waktu untuk liburan dan menghabiskan uangnya. Tak pernah terpikir untuk menabung dan sebagainya. Ia hanya belanja,belanja,dan belanja.

Waktu mencicil uangnya tinggal 4,5 tahun lagi, dan mereka tidak punya tabungan apa-apa. Teman-temannya datang dan meminjam uang padanya,juga keluarganya. Ketika uangnya berkurang, teman-temannya meninggalkan dia. Ia lalu pindah ke tempat yang lebih sepi. Dalam hatinya, ia berkata bahwa ia menyesal karena telah mendapatkan hadiah 15 juta dollar dan karena telah mempublikasikannya. Uang tidak menyelesaikan masalah. Uang tidaklah membeli penyelesaian. Masalah akan tetap ada ketika kita kaya raya!

Kisah lain datang dari seorang gelandangan dan pemulung yang mendapatkan hadiah 100 ribu dollar (sekitar 9 milyar). Ia diberi penasihat keuangan oleh orang yang memberikan uang tersebut. Namun, ia membelanjakan uangnya dengan boros sekali,membeli truk seharga 35 ribu dollar bahkan membelikan mobil untuk temannya. Ia berpesta pora dan bersenang-senang dengan uangnya, berpikir bahwa uangnya akan terus ada. Dalam waktu 6 bulan, ia sudah kembali ke jalan dan menjadi pemulung lagi. Sayang sekali. Mengapa? Itu karena mentalnya yang tidak berubah. Uang tidaklah menyelesaikan masalahnya sebagai pemulung.

Seorang pakar keuangan mengatakan bahwa 70% dari orang yang mendapatkan uang dalam jumlah yang besar dalam waktu yang singkat, akan dengan cepat pula menghabiskannya! Mereka akhirnya berkata bahwa mereka menyesal telah menghabiskannya dengan sia-sia. Keinginan untuk memuaskan segala keinginan mereka telah membutakan mereka, yang akhirnya akan kembali ke kehidupan yang lama setelah menikmati setitik kenikmatan dan uang yang berlimpah. Di situ bukanlah letak pemecahan masalah dan sumber kebahagiaan. Uang suatu saat akan habis. Apa gunanya punya banyak uang dan banyak materi tapi tubuh sering sakit-sakitan? Satu hari nanti kita akan pergi dari dunia, lantas, apakah kita akan membawa itu semua bersama kita?

Di sinilah titik baliknya. Uang dan materi bukanlah segalanya. Kita memang memerlukannya untuk menunjang hidup di dunia, tapi itu bukanlah segalanya! Ada yang lebih penting dari itu:

Tuhan, Keluarga kita (Ayah, Ibu, Kakak,Adik, Istri atau Suami) serta Sahabat. Hidup itu sendiri lebih berharga dari barang terbaik atau berapapun uang di dunia ini. Jika kita ada hari ini, bersyukurlah! Itu adalah anugerah Tuhan yang amat sangat tidak ternilai dengan apapun.

Yah, setidaknya pagi ini aku belajar bahwa uang dan materi bukanlah segalanya di dalam hidup ini. Ada yang lebih penting, yaitu hidup itu sendiri! Terima kasih Tuhan, kalau hari ini aku masih hidup. Kalau begitu, ayo kuliah dan tetap semangat. Mari kita HIDUP!

3 thoughts on “Money is Everything? Read This!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s