Dopamine, Otak, dan Kesenangan Manusia


Tahukah anda apa yang terjadi dalam tubuh anda ketika anda merasa senang? Iseng-iseng saya mencoba mencari tahu alasannya, dan dengan sedikit sulap😀 maka jawaban ada di depan mata.

Kelenjar Hypotalamus pada Otak
Kelenjar Kesenangan a.k.a Hypotalamus😛

Menurut berbagai sumber yang saya dapatkan, ketika otak mendapatkan input yang dianggap ‘menyenangkan‘, maka bagian otak yang bernama hypothalamus akan melepaskan hormon yang disebut dopamine yang menimbulkan rasa tenang dan nyaman pada pikiran kita. Ya, hormon inilah yang membuat manusia senang, bahkan ketagihan seperti memakai kokain! sebut saja ketika mendengarkan musik 8), jatuh cinta😳, perasaan seksi😉 dan gairah seksual:mrgreen:, bahkan membuat kita mencari makan saat lapar💡 (food and sex release dopamine)!

Jadi, ketika rasa senang itu datang, sistem aliran darah kita sedang dibanjiri oleh dopamine dan kita harusnya sadar kalau otak kita sedang bersenang-senang karena “pesta hormon” sudah dimulai 😈 atau jangan-jangan kita malah addicted dengannya… yah harus kita akui, dalam hal ini kebanyakan manusia memang sama😉

One thought on “Dopamine, Otak, dan Kesenangan Manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s