Cara Termudah Menghidupkan Auto-Mount Drive/Partisi (mis.NTFS) di Ubuntu 14.04 Desktop


Salah satu kendala yang saya hadapi ketika menggunakan Ubuntu (14.04) adalah ketika drive dari partisi Windows (NTFS) yang saya gunakan belum terbaca sebelum di-klik melalui file manager/browser.

Menurut info yang saya baca, fitur auto-mount drive (saat booting) untuk Ubuntu memang sudah dimatikan sejak versi di atas 12.04. Karena saya menggunakan Exaile Music Player (audio player berbasis directory) maka fitur auto-mount untuk drive saya rasakan sangat membantu, tidak perlu klik manual lagi via file manager/browser, hehehe. Rasanya kurang kalau kerja/browsing tidak diiringi lagu2 andalan dari direktori Music😀

Oleh karena itu setelah beberapa saat melakukan pencarian, dapatlah cara termudah untuk auto-mount tanpa paling mudah menurut saya🙂

WARNING: Hati2 menggunakan menu Disk, anda bisa saja salah klik dan menghapus partisi. Use at your own risk!

Caranya melalui menu Disks (tekan logo Windows atau Super pada keyboard, cari disks).

Klik pada drive/partisi yang ingin di-edit auto-mount nya.

Klik More Actions (pada logo mirip gear yang muncul ketika drive di-klik) dan pilih Matikan “Auto-Mount Options” (ya, matikan! klik ke off)

Pastikan pilihan “Mount at startup” dan “Show in user interface” dan telah dicentang. Klik OK.

automount partition drive ubuntu2

Reboot komputer dan Voila! drive yang dipilih sudah mount otomatis😀 Sekian🙂

Leave a Reply

